Jumat, 11 Februari 2011

Tips Sehat Cegah Kanker

  1. Makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, seperti tahu dan tempe yang banyak mengandung serat. Paling tidak satu atau dua kali sehari mengkonsumsi sayur hijau dan buah-buahan.


     

  2. Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Timbanglah berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan, risiko terjadinya kanker lebih besar khususnya, kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung kemih.


     

  3. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C. Makanan yang mengandung vitamin A dan C banyak terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti jeruk, pisang, mangga, pepaya, tomat, serta brokoli yang melindungi Anda dari kanker oesofagus, laring, lambung, dan paru.


     

  4. Kurangi terlalu banyak makanan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan. Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau pengolahan makanan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen, seperti makanan yang diasinkan, diasap, dipanggang sampai keluar arang atau gosong. Yang terbaik adalah makanan yang direbus.


     

  5. Hati-hati dengan penggunaan makanan pemanis buatan, pewarna makanan, serta zat pengawet yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.


     

  6. Perbanyak konsumsi sayuran kubis. Sayuran dan kubis, misalnya kol, brokoli, bunga kol, dan pok coy dapat melindungi dari kanker lambung, kolesterol, dan kanker saluran napas.


     

  7. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. Merokok merupakan sebab utama terjadinya kanker paru-paru.


     

  8. Kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur disertasi kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.


     

Hanggara, Rendra. "Deteksi Penyebaran Kanker Ditemukan." Seputar Indonesia. 11 Februari 2011 : 36.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar